Timor Leste - Fotocopy Stensil

HEYBAAAAAAAT..!
Di era segala2nya komputerisasi, internet sudah mewabah kemana-mana, beratus2 juta sudah punya account facebook - twitter - apalagi yang baru ini foursquare, tapi di TIMOR LESTE nun jauh sana gw masih menemukan "mesin fotocopy stensil"

Wow, masih ada lho yang pake fotocopy stensil ini..! Yang bikin herannya lagi digunain di SEKOLAH..
Tau sendiri donk sekolah banyak bgt kertas2 yang mau di fotocopy? Yep,di sini tepatnya di distrik Hera, 30-45 menit dari kota Dili, loe akan byk temui sekolah yang masih menggunakan fotocopy stensil ini..

Gw sempet nyobain motocopy pke alat ini, tapi sumpah lho, ga gampang dan musti punya kekuatan juga..ga semudah yg dikira, satu tangan musti muter kayuhannya seperti muter kayuhan sepeda, tangan yang lain megangin kertas yg mau di fotocopy, supaya kertas yang masuk ke mesin ga double.

Jangan harap ada komputer di sekolah ini yah..sekolah SD ini bisa gw bilang tergolong kumuh, bisa dibayangkan sekolah di film Laskar Pelangi, naaah kya gt cuma klo disini ada kandang babi disamping kanan lapangan sekolah.

Jadi loe bisa bayangin kan sekolahnya seperti apa? but overall, I've got so much fun with the kids and teachers in this school ♥

.:sent from paprilia's blackberry®:.

Comments

Post a Comment

Thanks for coming and leave your comment (^.^)

Popular Posts