KBB #17 - Macaroni Cheese Pie

Holla, Surat Tjintah ke #17 datang juga..!!!!!
Liat tantangan kali ini agak-agak ketar ketir..soalnya klo gak lulus gw gak bakal masuk Klub Berani Baking ini, setelah sukses dengan tantangan #16 Marmer Chiffon, gw diharuskan mengerjakan tantangan kali ini yaitu..
Teroreeeet..eng ing eng --- *LATTICE PIE* ---

Oke, pertama gw tau apa atrinya Pie tapi gw blom pernah denger namanya *Lattice* akhirnya nyari-nyari di internet dapet juga artinya dan bentuknya :
Lattice di Wikipedia : The criss-crossing pattern of strips in this pastry is reminiscent of the laths in a garden trellis
Setelah, gw udah nyari berbagai resep Pie, ternyata gak segampang yang gw kira ,ampuun banyak banget resep pie yang manis..dari apple pie, blueberry pie, strawberry pie, smpe chocolate pie, itu semua rata2 pake Lattice..TAPI klo gw nyari yang *savoury pie* agak-agak jarang, dan itu juga jarang banget yang pke lattice..Fiuuuh..

Finally, gw liat video di youtube dan gw suka banget sama design Lattice dari BonAppetitDotCom,setelah bentuk Lattice udah gw pilih sekarang tinggal nyari-nyari resep buat isinya..Mmh, setelah gw pikir-pikir, gimana kalo isinya kaya isi Schotel..? Mmmh...sounds good..
Setelah ngubek-ngubek inet dapet juga resep buat Kulit Pienya:
Resep asli --> thanks to : dapurmlanding.dagdigdug.com


Bahan Kulit Pie Asin:

250 gr tepung terigu
125 gr mentega beku, potong dadu *gw pake Blue band trus gw masukin kulkas biar dingin
50 ml air es
25 gr gula pasir halus *gw pake 10 gr
5 gr garam
1 btr telur

Cara membuat yang udah gw modify:
  • Tepung terigu diayak, lalu masukin garam, aduk menggunakan garpu (gw gak punya food processor yah)
  • lalu masukkin gula pasir halus mentega beku, aduk lagi pake garpu sampai berbentuk butiran-butiran atau gumpalan yang kecil2,
  • Nah setelah itu campur air es sama telur ditempat terpisah, aduk sampai rata, baru dimasukkan ke adonan tepung, aduk lagi sampai rata,
  • Naaah klo udah tercampur, baru dech pke jari di aduknya, note: jangan samapi jadi kalis lho..
  • Abis itu adonan dibagi 2 : 1 buat kulit pie, 1 lagi buat lattice
  • Kulit Pie dibungkus pake plastik trus di masukkan ke Kulkas selama 30 menit. setelah 30 menit kulit pie siap di gunakan..yeaaay..
Bahan buat Isi a.k.a Filling:

250 gr Elbow Macaroni
200 gr Corned Beef
180 Keju Kraft *dipotong dadu
3 Telur ayam
1/2 royco sachet rasa ayam
1 sdt Garam
1 sdt Merica
300 ml susu cair
3 sdm mentega cair


Cara Membuat PIE:
  • Loyang dioles mentega terlebih dahulu, lalu ambil satu bahan kulit pie dan digiling di meja yang sudah ditaburi tepung terigu, supaya lebih mudah digiling hingga agak tipis, lalu letakkan kulit pie yang telah digiling diatas loyang.
  • Sementara itu, campur semua bahan Isi a.k.a Filling, jika suka yang lebih asin tambahkan garam atau bisa juga ditambah lada hitam biar sedikit lebih pedas.
  • Masukkan bahan Isi kedalam loyang, sedikit demi sedikit. lalu didiamnkan.
  • Setelah itu, untuk membuat lattice, ambil bahan kulit pie ke-2, lalu digiling seperti bahan kulit ke-1, kemudian potong secara vertical dan sisakan sedikit untuk bagian pinggir loyang.
  • Lebih lengkapnya lihat video youtube yang gw maksud. tapi bedanya sama pie yang gw buat, bagian pinggir gw aplikasiin menggunakan garpu, jadi agak bergerigi hasilnya..
  • Lalu setelah pie dan lattice siap jangan lupa dioles dengan kuning telur agar pie terlihat mengkilat dan cantik.
  • Panggang di oven yang telah dipanaskan pada suhu 150 Celcius selama 40 menit (soalnya loyang yang gw gunakan agak tebal dan bahannya kaca)
Dan hasilnya So Yummy and Eet Smakelijk !!!

Comments

  1. latticenya keren euy..
    mana rajin pula ngerjainnya diawal2
    *contoh yg baik he he*

    ReplyDelete
  2. Salam kenal dari Widya. Latticenya cantik. Fillingnya bs jd ide buat camilan anakku, mo coba ah. Aku suka font blognya, lucu....

    ReplyDelete
  3. Mba Molly..hehehe mudah2an semangat terus ngerjain pe-er nya..

    Mba Wid, latticemu lebih cantik mba..trus rapi bgt..

    ReplyDelete
  4. wow.. macaroni cheese didalam sebuah pie?! pasti nom.. nom... banget ya.. aku mau coba resep ini :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for coming and leave your comment (^.^)

Popular Posts