Marmer Chiffon

FINALLY setelah ngubek-ngubek at least 7 resep mau barat mau lokal, aku akhirnya jatuh cinta juga sama resep MARMER CHIFFON dari NOVA. Tantangan pertama dari Klub Berani Baking yaitu menaklukkan resep Chiffon apa saja tapi musti resep dari lokal --> click for the announcement
Lihat-lihat resep..bahan gak gitu susah, cuma tadinya mau bikin Coffee Marmer Chiffon tapi para sodara sebangsa dan setanah air dirumah setuju klo "cokelat aja dech jangan kopi" yoowes, tak turutin juga..

Pertama siapin alat-alat:
petuah dari tante Wati yang doyan bikin kue "Piska, inget yah semua peralatan harus bersih dari air,minyak,kuning telur dan teman2nya, apalagi pas mau ngocok telor putihnya!"

Okeeey dech..berbekal pesan dan dimulai dengan Basmalah,
Let's start to bake:

Ternyata mecahin telor satu-satu dengan memisahkan kuning telor dan putih telor, agak-agak susah yah..kedapetan aku gagal mecahin 1 telor..
TIPS : Biasain buka telor satu persatu pake mangkok kecil, nanti klo udah pisah kuning dengan putih baru masukin mangkok besar, memperkecil resiko bos!

Dari beberapa resep yang aku liat hampir semua bilang klo adonan telor kuning beserta teman-temannya itu "hanya diaduk" naaah, karena gak yakin..aku langsung nelpon tante..beneran cuma diaduk pke spatula atau musti di mixer?
So, tante jelasin ke aku klo dia gunain mixer untuk mengaduk semua bahan-bahan telor kuning..dan akhirnya aku berpikir emang musti pke mixerlha..CATAT!

Nah, setelah mixer adonan kuning telor..cuci bersih, dan jangan sampai ada air ataupun bahan-bahan yang tidak semestinya nempel..lap sampai bersih..

Di adonan putih telor, walaupun di resep yang gw gunain putih telor dan cream of tar tar diaduk bersamaan, tp aku rasa lebih baiki ngaduk putih telor dulu, klo sudah gak begitu berlendir, baru masukin cream of tar tar..aduuuk terus klo perlu naikin kecepatan..baru masukin gula sedikit demi sedikit..Naah pasti hasilnya bagus dan kaku..

Untuk loyang karena nemunya yang diameter 22cm, jadi pas untuk telor 7 paling gak sesuai dengan resep yang aku pake..klo kertas roti udah abis..aku biasanya ganti pke kertas A4 (stock buat ngeprint,hehe) gw potong sesuai lingkar loyang..untungnya gak ada masalah sama sekali..

Naaaahhh...kesalahan aku adalah saking semangatnya ngebuat tekstur kya marmer gw jadi agak ngawur pas jadinya..hehe..tapi at the end hasil memuaskan, manisnya pas, empuk dan gak seret..orang rumah suka, apalagi rumah calon mertua (hahaha)..


Nahhh...selanjutnya pengen banget bikin yang Coffee Chiffon (tetep kekeuh mau buat!) atau klo gak yang rasa Pandan kali yah..Hmm,i need more recipes!

Comments

Post a Comment

Thanks for coming and leave your comment (^.^)

Popular Posts