Lontong Tuyuhan Rembang

Lontong Tuyuhan merupakan makanan khas dari daerah Rembang (kampung halaman suami saya). Disebut lontong tuyuhan karena pembuat dan penjual makanan ini dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur.

Lontong Tuyuhan ga jauh beda sama opor pada umumnya, tapi klo yang satu ini kuah santannya lebih kental, dengan rasa pedas yang menonjol, aroma rempah-rempahnya pun sangat tajam dan ayam yang digunakan yaitu n Ayam Kampung lho, yummy

Biasanya kalo lontong dibuat menggunakan daun pisang/plastik, nah kali ini daun jati yang digunakan untuk membuat lontong tersebut dan bentuknya juga bukan lonjong, melainkan berbentuk segitiga.
Lontong Tuyuhan yang terkenal di desa Tuyuhan, yang berada ditengah-tengah sawah, dan penjualnya pun berjejer di kios-kios kecil (mereka cuma menjual satu menu doank lho yaitu Lontong Tuyuhan), cuma klo gw sama suami dan keluarga suka banget sama lontong tuyuhan yang ada di desa Pereng. Ada satu rumah yang menjual lontong tuyuhan sampai-sampai terkadang pembeli harus menunggu didepan rumah sampai lontong tersebut matang lho, karena takut kehabisan.
tahun 2008-2009 kesana sie masih kios kecil banget, tapi tahun 2010 karena sukses kiosnya pun sekarang lebih bagus, tapi tetep aja ga boleh kesiangan kesana karena bisa habis diserbu pembeli.

Harga perporsi tahun 2011 : Rp. 7000  (terjangkau kan?) 

Jadi klo ngelewatin daerah Rembang jangan lupa mampir untuk nyobain makanan khas yang satu ini.
Oia, makanan khas  lainnya yaitu *Sate Serepeh* bisa lihat ke sini

.: sent from paprilia's blackberry® :.

Comments

Popular Posts