Donat ala J'CO

Wuiiih..kedengerannya mantab kan??? hohoho..
Ade gw udah seminggu ini minta dibikinin donat..karena 2 minggu yang lalu gw banyak kondangan, soo baru bisa bikin yaah sabtu minggu kemarin..
liat bahan-bahan ternyata ada di dapur..tinggal niat plus googling resep aja dech..

browsing sekitar 15 menitan, dapet juga resep yang menggugah selera di website dapet juga resep dari milis NCC, abis tampilan donatnya cantik banget, menul-menul empuuk..
bahan-bahannya juga gampang dan beda kya cara bikin donat yang biasanya..
nah ini resep yang udah gw utak-atik..masalahnya resep asli butuh 1 KG Terigu..
wuaah bisa-bisa mom ngomel-ngomel lagi..

DONAT ALA J’Co

Bahan A:
425 gr tepung terigu “Cakra” / tepung terigu protein tinggi
11 gr ragi instant *1 sachet permifan
5 gr garam
150 ml air matang

Bahan B:
125 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu protein tinggi
5 gr garam
20 gr susu bubuk *pke susu bubuk Dancow
125 gr gula pasir
50 gr telur ayam *1 telur
125 gr mentega putih / shortening
1 sendok teh Vanilli

Cara membuat:
  • Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
  • Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10 menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
  • Gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
  • Goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
  • Angkat, dinginkan.
  • Nah tinggal kasi topping dech sesuka hati..
Standardnya pke mentega plus meses atau pake gula halus kan?
naah kali ini gw pke Cokelat masak yang gw tim terlebih dahulu diatas air panas, truus donat tinggal dicelupin dech..tapi ada sentuhan akhir, gw taburin diatasnya gula halus..
walaupun jadi agak terlalu *sweet* sie..cuma hasil donat oke dan tak butuh waktu lama untuk menghajar donat-donatan ala J'Co ini..Yuhuuu!

Comments

Popular Posts