KBB #22 Made in Indonesia Plus Spun Sugar

TetToretTetToret,,berbunyilha sirine Tantangan Klub Berani Baking ke 22, dengan tema Made in Indonesia Plus..Wuhuuu...tapi yang bikin susyeeh bukan Kue atau Puding "musti baked" yang made in Indonesia ini..SPUN SUGAR nya yang susaaah bangeet booo..

Pertama kali nyoba GATOT..Karamel yang mustinya berbentuk benang-benang emas atau rambut nenek sihir (kata ade gw) malah jatoh berguguran..note: gw pake garpu buat ngecreknya / ngibas-ngibasiinnya..abis itu laporan di milist, kata mba Arfi kayanya takaran atau komposisi gula sama airnya ga cocok..makanya gagal..

Setelah 2 kali percobaan dengan berdoa tujuh hari tujuh malem *lebay*, akhirnya dengan memilih gak pake takaran berapa sendok gula dan berapa sendok air, BERHASIL juga gw buat rambut nenek sihir itu..ASIK GILA pas ngecrek-ngecrek atau ngibas-ngibasin pake garpu, saking serunya kakak gw pun ikutan mainin tuh karamel..gw pake 4 sumpit sebagai penahan spun sugarnya..

Oh iya, sebelum buat Spun Sugarnya, gw udah pilih Creme Caramel Klasik sebagai Baked Pudingnya.. Secara gampang, semua bahan ready stock dan cepet yang pasti..sedihnya gw klo mau buat kue atau masak yang panggang2an musti kerumah nyokap, karena di rumah gw sendiri blom punya oven (maklum pengantin baru,hehehe)..anyway, ini resep yang kugunakan..


Creme Caramel Klasik
Sumber: Majalah Santap

Ingredients:
500 ml susu cair
60 gr gula pasir halus
1 sdt ekstrak vanili
3 butir telur
3 kuning telur

Caramel:
100 gr gula pasir halus
60 ml/4 sdm air

How to Bake:
  • Campur susu dan gula dalam panci, didihkan di atas api sedang. Jangan lupa mengaduk susu. Angkat, masukkan ekstrak vanili, dinginkan.
  • Caramel: masak gula dan air dalam panci dengan dasar yang tebal (api sedang) hingga mendidih perlahan. Aduk sebentar saja untuk melarutkan gula di pinggir panci, jangan aduk setelah mulai mendidih. Perhatikan warna gula, hentikan memasak jika gula sudah berwarna karamel yang bagus. Langsung angkat panci dari api dan bagi rata ke dalam mangkuk-mangkuk, tinggi karamel dalam mangkuk 3 mm. Sisa karamel bisa ditambah air dan disiramkan sebagai saus waktu penyajian.
  • Custard: panaskan oven 190 derajat celsius. Kocok telur dan kuning telur dalam mangkuk sampai rata tapi tidak berbuih. Campurkan susu yang telah dingin ke dalam telur lalu saring. Tuang adonan susu-telur ke dalam mangkuk berisi karamel.
  • Au bain marie atau waterbath: taruh mangkuk karamel dalam loyang yang lebih tinggi dindingnya dari dinding mangkuk. Isi loyang dengan air panas yang telah dididihkan. Tinggi air mencapai 1/2 tinggi mangkuk. Tutup loyang dengan alumunium foil. biarkan pinggir-pinggir foil dilepas saja. Panggang 30-40 menit. Custard masih goyang-goyang setelah matang dan akan mengeras setelah dingin.
  • Mendinginkan: Setelah dingin, tutup dengan plastik lengket dan simpan dalam lemari es.
  • Penyajian: keluarkan dan sajikan terbalik di piring saji. Beri tambahan saus caramel yang disisihkan
FINALLY , dapet logo lulus jugaa...dan Creme Cramel with Spun Sugar sudah habis dalam waktu sekejap..Horraaayy

Comments

  1. pudingnya menggoda....rambut bidadarinya jg sukses^^

    ReplyDelete
  2. @Mba Retno..hehe makasi..pudingnya menggoda tapi rambut emasnya kurang banyak mba :p

    ReplyDelete
  3. wahhh... rajin bikin kue n memasak ni piss... yummmi ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for coming and leave your comment (^.^)

Popular Posts